Home > pengetahuan umum > Misteri kucing belang tiga ( calico cat )

Misteri kucing belang tiga ( calico cat )

November 13, 2009 Leave a comment Go to comments

imagesSebagai seorang pecinta kucing dari sejak kecil ada pertanyaan yang mengganjal mengenai kucing yang berwarna tiga kalo di istilah jawanya belangtelon. menurut mitos kucing yang berwarna tiga akan selalu berjenis betina, kalaupun ada yang jantan akan di bunuh oleh ibunya sendiri, dan kalau bisa selamat dari pembunuhan tersebut :-) maka kucing tersebut akan mempunyai kesaktian apakah seperti itu ??

setelah cari kesana kemari ternyata terjawab sudah misteri itu. menurut penelitian 1 di antara 3000 kucing berwarna tiga adalah jantan, dan hanya 1 diantara 10.ooo kucing berwarna tiga yang jantan bisa mempunyai keturunan. itu sebabnya kenapa selama ini saya tidak pernah bertemu kucing berwarna tiga dengan kelamin jantan

penjelasan logis mengenai fenomena tersebut terletak pada genetik.seperti banyak orang yang ketahui kucing sama dengan mahluk lainnya mempunyai dua kromosom kelamin,cromosom merupakan tempat dimana terdapat gen yang memngandung informasi warna bulu,mata dan semuanya yang dibutuhkan untuk membentuk kucing tersebut.

x y chromosome

x y chromosome

Terdapat dua kromosom yang menentukan jenis kelamin yang disebut X dan Y. setiap orang tua berkotribusi memberikan satu kromosom yang akan menentukan jenis kelamin keturunannya. betina hanya meproduksi X kromosom di dalam sel telurnya,tepai jantan memproduksi keduanya yaitu X dan Y di dalam spermanya.sehingga jantan berkontribusi besar menentukan jenis kelamin dari keturunanya.

Saat sel telur dan sperma bertemu, mereka akan menjadi satu dan mecampur kromosom pembawa jenis kelamin.

jika sperma dengan kromosom X bertemu dengan sel telur yang berkromosom X akan menjadi XX atau betina.jika sperma berkromosom Y bertemu denganĀ  sel telur berkromosom X maka di dapat XY atau jantan.terus apa hubungannya dengan warna bulu??

Kromosom X bisa membawa warna oranye dan hitam sedangkan kromosom Y tidak bisa membawa warna oranye,dan untuk warna putih merupakan warna dasar sehingga kromosom X dan Y bisa membawanya.

Kucing betina mempunyai kromosom XX sehingga bisa berwarna oranye atau hitam saja dan bisa saja merupakan perpaduannya sehingga di dapat tiga warna yaitu oranye,hitam dan putih.

sedangkan untuk kucing jantan mempunyai kromosom XY. sehingga hanya bisa menghasilkan warna dominan oranye saja atau hitam saja, atau juga perpaduan antara hitam dan putih atau oranye dan putih.

Untuk kasus kucing jantan dengan tiga warna, ternyata merupakan anomali dari penggabungan kromosom dengan kata lain kucing tersebut mempunyai tiga kromosom yaitu XXY. sehingga bisa mempunyai warna 3 seperti kucing betina tetapi mempunyai jenis kelamin jantan.

About these ads
Categories: pengetahuan umum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: